Monday, 28 July 2014 - 17:18
English
Breaking News

DPT dan DCS Masalah Utama Pemilu 2014

Anggota Bawaslu Nasrulloh (ist)
Terkait :

teRaspos - Persoalan daftar pemilih sementara dan daftar calon legislatif sementara merupakan prioritas utama menjelang Pemilu 2014. Itu sebabnya, keterlibatan dan partisipasi masyarakat menjadi penting.

Dan ini pun mesti didukung penyelenggara pemilu secara teknis. Misalnya, peraturan yang biasanya disampaikan secara resmi, sebaiknya menggunakan sosialiasi lewat surat edaran.

"Caleg ini harus sudah bisa diidentifikasi, supaya masyarakat mudah mendapatkan informasi dari Komisi Pemilihan Umum, " kata anggota Badan Pengawas Pemilu Nasrulloh di gedung KPU, Jakarta, Jumat (5/7).

Menurutnya, penguatan partisipasi masyarakat oleh penyelenggara pemilu sebetulnya sudah bagus. Tapi, masih tetap ada ditemukan sistem yang kurang bagus.

"Seperti di Halmahera, di dalam satu TPS masak hanya terdaftar nama dengan 1 abjad saja. 1 TPS yang mencoblos hanya mereka yang nama depannya dengan huruf a saja."

Sementara itu, mantan anggota KPU Andi Nurpati mengimbau, Bawaslu sebaiknya membuat surat edaran berupa peraturan untuk disebarkan kepada masyarakat. Sebaiknya itu selesai dibuat sebelum penetapan DPT.

"Karena masyarakat lebih suka membaca surat edaran daripada peraturan. Tentunya, sekali lagi caleg harus mencermati dapilnya masing-masing," kata Andi yang juga politikus Partai Demokrat itu. (*)



blog counter