Monday, 22 September 2014 - 09:03
English
Breaking News

Antisipasi Banjir, DKI Terapkan 10 Langkah

Banjir yang kerap menggenangi Jakarta perlu diantisipasi (Foto: ist)
Terkait :

teRaspos - Pemerintah Provinsi DKI melalui Dinas Pekerjaan Umum akan menerapkan sepuluh langkah jangka pendek dalam persiapan menghadapi ancaman bencana banjir di Jakarta.

"Langkah pertama adalah pembentukan satgas banjir di 42 kecamatan dan sudin, (kedua) pembentukan satgas jalan rusak di 42 kecamatan dan sudin, (ketiga) penanganan 200 titik genangan," ujar Kepala dinas Pekerjaan Umum DKI Manggas Rudi Siahaan, di Jakarta, Senin (18/11).

Langkah keempat, kata Rudi, adalah melakukanpengerukan terhadap 160 saluran penghubung. Langkah berikutnya, melakukan pengerukan saluran 18 sub makro serta pengerukan 12 waduk.

Sementara langkah ketujuh adalah melakukan refungsi sungai di 80 lokasi. Lalu, kata dia, terdapat tiga langkah jangka pendek lagi untuk mengantisipasi banjir.

"Tambahan langkah antisipasi ini adalah perbaikan 73 pompa air pengendali banjir, perbaikan 62 pintu air, pemasangan CCTV di 130 rumah pompa," katanya.

Berdasarkan data pada tanggal 13 November 2013, terdapat 25 titik genangan dan 65 kawasan rawan banjir di Ibukota. Pemprov berharap agar warga Jakarta mampu bersinergi dengan tidak membuang sampah sembarangan terutama di sungai di wilayahnya masing-masing. Apalagi diperkirakan akan terjadi curah hujan tinggi di Jakarta pada Desember hingga Januari. (*)



blog counter