Wednesday, 03 September 2014 - 11:25
English
Breaking News

Prestasi KPK Berdampak Positif

Gedung KPK (ist)
Terkait :

teRaspos - Transparency International Indonesia, mengatakan prestasi Komisi Pemberantasan Korupsi memberikan dampak positif bagi peningkatan persepsi korupsi Indonesia.

"Penegakan hukum serta efektifitas pencegahan dan pemberantasan korupsi yang dilakukan KPK menjadi berita baik bagi persepsi korupsi Indonesia," kata Sekretaris Jenderal TI Indonesia Dadang Trisasongko di Jakarta, Selasa (3/12).

Dadang mengatakan berita baik tersebut, berdampak pada munculnya optimisme publik terhadap penegakan hukum dan efektifitas pencegahan pemberantasan korupsi.

Dalam satu tahun terakhir, KPK berhasil mengungkap kasus korupsi sektor hukum di Mahkamah Konstitusi (Akil Mochtar), Mahkamah Agung (Hakim Kartini dan kawan-kawan), Kepolisian (Djoko Susilo), Kejaksaan (Sistoyo).

Di ranah politik, KPK juga berhasil mengungkap kasus korupsi yang melibatkan Mohammad Nazaruddin, Waode Nurhayati, Zulkarnain Djabar, Angelina Sondakh dan Andi Mallarangeng.

Di ranah bisnis, KPK juga mengungkap kasus korupsi yang melibatkan Rudi Rubiandini, Ahmad Fatonah dan Hartati Murdaya Poo.

"Namun, bertentangan dengan berita baik tentang prestasi KPK, persepsi korupsi juga dipengaruhi berita buruk mengenai korupsi yang terjadi di lembaga peradilan dan kepolisian, perizinan, serta perpajakan dan bea cukai," kata Dadang.

Berita buruk itu, kata Dadang, mengganggu dan menurunkan kualitas integritas lembaga publik. Sedangklan korupsi di ranah legislatif dan partai politik, Dadang mengatakan persepsi korupsi publik relatif stagnan.

"Namun, stagnasi itu menunjukkan ada ruang kosong yang kurang digarap maksimal oleh program pemberantasan korupsi yang dilakukan pemerintah," katanya.(*)



blog counter