Sunday, 31 August 2014 - 07:08
English
Breaking News

KPU Bantah Isu Formulir C1 Bisa Digandakan

Gambar Ilustrasi (Foto: ist)
Terkait :

teRaspos - Komisi Pemilihan Umum membantah isu yang beredar bahwa Formulir C1 bisa digandakan, karena sebenarnya yang diduplikasi adalah blanko kosong untuk petugas pemungutan suara.

"Kami tidak pernah menggandakan Formulir C1 untuk Pemilu 2014. Itu isu, itu gosip. Yang ada adalah blanko kosong resmi untuk petugas KPPS. Tapi kalau misalkan blanko ini habis, bisa di gandakan. Ini tidak ada pengaruhnya apa-apa," kata Komisioner KPU Ferry Kurnia Rizkiyansyah di gedung KPU, Senin (24/2).

Ferry mengatakan bahwa Formulir C1 memiliki kekuatan hukum yang telah termaktub dalam Peraturan KPU No. 26 Tahun 2013 pasal 58 ayat 1. Artinya, kata dia, Formulir C1 adalah dokumen negara yang tidak mungkin bisa digandakan.

"Formulir C1 dokumen penting jadi tidak bisa sembarangan di-copy. Kalau blanko kosong itu bisa. Itu isinya adalah catatan petugas KPPS. Mulai dari DPT, jumlah pemilih tetap yang gunakan hak pilih, pemilih yang tidak gunakan suaranya, dan jumlah pemilih di TPS lain di satu area yang sama," kata dia.

Mantan Ketua KPU Jawa Barat ini juga mengatakan, Formulir C1 digunakan untuk perhitungan suara di TPS dan akan dijadikan dokumentasi oleh KPU Daerah masing-masing. (*)



blog counter