Penyebab PHK Massal

Ternyata Inilah Alasan dari Fenomena PK Massal

Teraspos.com – Selama ini PHK massal terjadi diduga karena adanya pelemahan ekonomi. Ternyata, pergeseran keperluan industri juga menjadi salah satu penyebab.

Hal ini diungkap oleh Guru Besar Regulasi Ketenagakerjaan Universitas Indonesia (UI), Aloysius Uwiyono. Menurutnya PHK yang terjadi dikala ini bukan hanya disebabkan oleh elemen makro ekonomi saja, tapi ditambah adanya pergeseran tren keperluan industri kepada tenaga pekerja.

Ia memandang dikala ini tengah terjadi masa transisi antara penyelesaian profesi secara manual, dengan masuknya teknologi-teknologi baru yang lebih efisien dalam menuntaskan profesi dibandingkan tenaga manusia.

“Antara resesi global dan digitalisasi, itu menggeser para pekerja kita, yang tak paham digitalisasi akan tergeser, kemudian dampak resesi global itu juga memang memengaruhi,” kata Aloysius, Pekan, 27 November 2022.

Menurutnya, segala itu bermuara pada pandemi covid-19, dikala mobilitas dibatasi, perkembangan teknologi digital tumbuh cepat untuk mengakomodir segala profesi dengan lebih efisien.

Ia menilai PHK yang dikerjakan karyawan sulit untuk dicegah, karena perushaan sepatutnya realistis menghadapi tantangan yang ada. Sehingga yang sepatutnya menjadi katalisator yaitu Pemerintah sendiri, sepatutnya mulai membaca bagaiamana keperluan industri Ketenegakerjaan kerjaan dikala ini, dan membuat Inkubator untuk mencetak SDM yang berkwalitas.

“PHK tak bisa dicegah, karena terjadi pergantian digitalisasi untuk banyak profesi, ditambah lagi dengan adanya resesi,” lanjutnya.

Aloysius menganjurkan agar program JKP (Jaminan Kehilanganmu Profesi), Pra Kerja bisa dioptimalkan agar para korban PHK bisa lantas melaksanakan peningkatan skill dan kapabilitas untuk menghadapi situasi yang baru ini.

“Satu-satunya jalan yaitu program pemerintah tentang JKP, sepatutnya dioptimalkan, karena kan PHK tak bisa dicegah, karena terjadi pergantian (profesi) digitalisasi, dan resesi,” pungkasnya.