Dorong Hilirisasi Pertanian, Mentan Tinjau Panen Raya di Sulbar

Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo (SYL), berkomitmen mendukung Sulawesi Barat (Sulbar) sebagai daerah yang siap menghadapi krisis pangan. Komitmen tersebut ia sampaikan saat meninjau lahan pertanian di Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju, Sabtu (8/10).
Agar dapat mewujudkan rencana tersebut, SYL pun mengaku siap membantu Sulbar mengelola 2.000 lahan demi mengembangkan sektor pertanian.

“Kita akan menyusun skala program dalam satu tahun. Artinya dari 2.000 hektar itu akan dibangun hilirisasi,” ujarnya seperti dikutip dari keterangan resmi, Sabtu (8/10).

Menurut dia, hilirisasi di sektor pertanian dapat menyumbang pendapatan (income) bagi daerah demi kesejahteraan para petani. Di sisi lain, Pj Gubernur Sulbar, Akmal Malik, menyampaikan apresiasinya kepada SYL yang berkunjung dan menyempatkan panen raya 400 hektar di Kalukku.

“Ia juga memberikan tantangan agar Sulbar membuat peta pemanfaatan padi mulai penanaman hingga pasca panen, sebagai awal kita kelola 1.000 hektar,” kata dia. Kedepan, lanjut Akmal, pihaknya akan mengajak kolaborasi kabupaten-kabupaten di Sulbar untuk mendorong sektor pertanian. Langkah tersebut sangat vital, khususnya dalam menghadapi krisis pangan.