2 Tahun Riset Mobil Listrik Innova Libatkan Ratusan Insinyur Indonesia

Toyota Indonesia sejak 2020 telah menggarap proyek baru di dalam selimut yaitu membuat keturunan mobil legendaris Kijang berupa spesies mobil listrik. Fisik awal mobil itu hadir dalam bentuk mobil konsep Innova EV yang cuma dipamerkan satu hari ke hadapan publik.

Penampakan terbuka Innova EV yang pertama yakni di hari pembukaan Indonesia International Motor Show (IIMS) hybrid 2022 pada 31 Maret. Sosoknya kembali misterius setelah lantai pameran ditutup pada hari itu. Direktur Administrasi, Korporasi dan Hubungan Eksternal Toyota Motor Indonesia Manufacturing (TMMIN) Bob Azam memaparkan riset Innova EV sudah berjalan hampir dua tahun.

Kata Bob riset dimulai kala Indonesia mulai masuk masa pandemi Covid-19 yang membuat masyarakat wajib menggunakan masker. Presiden Joko Widodo diketahui mengumumkan kasus pertama Covid-19 pada 2 Maret 2020. Sejak saat itu pemerintah menetapkan berbagai aturan, termasuk wajib memakai masker, dan pembatasan aktivitas yang sempat menjatuhkan kinerja produksi mobil di dalam negeri seperti dialami TMMIN.