Konsumen Indonesia Mulai Lirik Laptop Kelas Premium

Konsumen Indonesia mulai melirik laptop premium sebagai perangkat yang harus dimiliki. Sebelumnya, pengguna laptop di Tanah Air lebih memilih menggunakan produk low-end atau menengah ke bawah.

“Peralihan ke komputer premium mulai meningkat di Indonesia. Intel sebelumnya melihat Indonesia sebagai pasar komputer low-end, tetapi semuanya berubah,” ujar Cekiel Danielson, Director of Consumer Sales, Intel Corporation Asia Pacific dalam peluncuran 12th Gen Intel® Core™ dan Intel® Evo di Jakarta, Rabu (25/5).

“43 persen perangkat yang terjual di Indonesia sekarang adalah perangkat premium. Angka ini meningkat signifikan dari tahun ke tahun selama empat tahun terakhir,” ia menambahkan. Pasar laptop di Indonesia juga dinilai akan terus tumbuh, terlebih karena jumlah penduduk Indonesia yang sangat banyak sehingga potensi pasar ini masih dapat dimaksimalkan.

Di Asia Tenggara, penjualan laptop premium di Indonesia sudah memberikan sinyal bagus dan mulai tampak bersaing dengan negara-negara tetangga. Namun jika dibandingkan dengan Singapura yang memiliki pasar yang lebih matang atau Thailand yang memiliki pasar gaming paling besar di Asia Tenggara, bahkan di Asia, Indonesia masih cukup tertinggal.