Pola Makan Bergizi Para Pemain Piala Dunia 2022

5 Pola Makan Bergizi Para Pemain Piala Dunia 2022

Teraspos.com – Pertandingan Piala Dunia 2022 membuat para pemain sepak bola seharusnya menjaga tubuh dan kesehatannya. Ternyata inilah jenis makanan yang umum mereka konsumsi.

Ajang laga sepak bola terbesar ini sudah mengumpulkan para pemain profesional dari bermacam-macam penjuru dunia. Kecuali meningkatkan kesanggupan mereka, pemain-pemain sepak bola itu juga seharusnya menjaga tubuh dan kesehatannya.

Bukan cuma latihan fisik yang diperlukan, tapi asupan makanan yang tepat juga penting untuk dilihat. Mengingat para pemain sepak bola seharusnya bermain dan mengeluarkan energi dalam laga yang cukup lama.

Karenanya, betul-betul penting bagi mereka untuk menerima nutrisi dalam jumlah dan waktu yang tepat. Tujuannya menentukan mereka memberikan kinerja terbaik di lapangan.

1. Menu makan Neymar Jr.

Foto: Getty Images/Jonathan Moscrop

Pemain sepak bola asal Brazil, Neymar mencontoh diet tinggi kalori. 60 kalorinya berasal dari karbohidrat, 30 persen datang dari asupan protein, dan sisa 10 persennya datang dari lemak, vitamin, dan nutrisi lainnya.

Menurut info dari tim, sarapan pagi yang dikonsumsi oleh Neymar ialah tiga telor goreng dengan bayam dan daging kalkun tanpa lemak. Setelahnya Neymar akan minum segelas protein shake dan segenggam biji bunga matahari dan kacang almond.

Santapan makan siang Neymar umumnya berupa bakso daging kalkun dan ubi. Camilan sorenya berupa daging kalkun dengan selai kacang dan biji bunga matahari. Hari-hari Neymar umum ditutup dengan potongan kubis rebus.

2. Makanan yang dikonsumsi Cristiano Ronaldo

Foto: Getty Images/Clive Brunskill

Lomba yang sengit membuat para pemain sepak bola seharusnya berlatih dan menjaga kinerja mereka di jenjang paling tinggi. Tapi, mereka juga perlu untuk menjaga tubuhnya supaya konsisten fit dengan cara memberi asupan nutrisi yang tepat.

Misalnya saja pemain Portugal, Ronaldo yang menjalankan diet ketat. Chef pribadinya mengungkap, Ronaldo mengonsumsi sebagian makanan natural seperti ikan, ayam, sayuran, makanan laut, dan biji-bijian.

Untuk waktu makannya, Cristiano Ronaldo memilih untuk makan enam kali dengan porsi kecil tiap harinya. Alternatif lain, ia makan tiap tiga hingga empat jam disisipi dengan minum banyak air.

Sementara, Ronaldo juga menyenangi menjadikan roti bakar dengan alpukat sebagai camilan makan siangnya.

3. Makanan yang dikonsumsi Lionel Messi

Foto: Getty Images/BSR Agency

Beralih ke pemain Argentina, Lionel Messi salah satunya, menghindari makan pizza dan minum minuman bersoda.

Lima makanan utama yang dikonsumsi dalam pola diet Messi ialah air, minyak zaitun, biji-bijian, buah segar, dan sayuran segar. Messi juga menghindari konsumsi daging berlebihan.

Untuk sarapan, dilaporkan Messi cuma makan biji-bijian utuh dengan sebagian buah dan sayuran segar. Sementara, makan malamnya dibuat sesimpel mungkin seperti nasi merah dan tuna.

4. Menu makan sebagian tim ketika Piala Dunia 2022

Kecuali ketiga pemain di atas, para pemain dari sebagian tim juga punya undang-undang dietnya sendiri selama Piala Dunia 2022.

Dilaporkan bahwa tim Argentina dan Uruguay sudah mengirimkan hampir 2.000 kilogram daging dari tanah air mereka untuk dibawa ke Qatar.

Presiden FA Uruguay, Ignacio Alonso malahan mengungkap bahwa tim nasional mereka sudah dipandu oleh makanan terbaik berupa daging dari Uruguay.

Sementara, tim nasional dari Korea Selatan juga membawa chef pribadi untuk menyiapkan makanan bergizi dan kreatif bagi para pemainnya.

Karena negara penyelenggara melarang daging babi, untuk itu chef Korea Selatan mencari cara lain dengan menyampaikan makanan bernutrisi seimbang tanpa daging babi.

5. Rencana diet yang berbeda untuk tiap pemain

Foto: Getty Images/iStockphoto/

Setiap pemain sepak bola punya rencana diet atau pola makan yang berbeda beda tergantung dari keadaan dan keperluan masing-masing individu.

Negara yang berpartisipasi dalam kancah laga itu sudah punya pakar nutrisi dan chef masing-masing untuk menentukan supaya pemain mendapatkan makanan terbaik.

Kecuali faktor umum seperti berat dan tinggi badan, terbukti posisi para pemain di lapangan juga menjadi penting untuk menentukan asupan makan mereka.

Misalnya posisi gelandang rata-rata berlari sejauh 11,27 km per game. Walaupun, striker berlari sejauh 9,64 km. Jarak berbeda inilah yang akan menentukan seberapa besar asupan nutrisi yang diperlukan tiap pemain.

Beberapa pakar nutrisi mengungkap adat istiadat makan yang disiapkan oleh pesepakbola ini seperti minum minuman berenergi 90 menit sebelum latihan intensif.

Para pemain juga umumnya menimbun karbohidrat seperti roti, gandum, nasi, kentang, sebagian hari sebelum laga mereka.

Kecuali menu hal yang demikian, pemain sepak bola seharusnya menghindari sebagian makanan. Mereka seharusnya menahan diri dari produk susu karena bisa memunculkan ketidaknyamanan.

Bumbu-bumbu pedas dan asam juga perlu dihindari supaya tak menyebabkan refluks asam pada perut.