Qatar Sukses Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2022

Banyak Kontroversi, Qatar Dinilai Sukses Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2022

Teraspos.comPiala Dunia 2022 dikala ini masih bergulir, tapi menarik tentunya melihat seberapa bagus Qatar sebagai tuan rumah menggelar turnamen sepakbola empat tahunan tersebut. Menurut pengevaluasian pengamat sepakbola, Gita Suwondo, Qatar sejatinya berhasil menggelar Piala Dunia edisi ke-22 tersebut.

Pasalnya Gita Suwondo melihat hal itu dari dua sisi, yaitu kenyamanan para suporter yang hadir langsung ke Qatar untuk melihat tim jagoannya tampil di Piala Dunia 2022 serta 32 tim yang berpartisipasi di turnamen tersebut. Dari pengamatannya, Gita Suwondo menyimpulkan Qatar telah betul-betul bagus dalam menggelar Piala Dunia 2022.

Gita Suwondo malahan sadar sejatinya ada banyak kontroversi yang ikut serta mewarnai Piala Dunia yang pertama kali digelar di Timur Tengah tersebut. Bagus itu larangan-larangan menurut keyakinan dan kebudayaan Qatar, sampai ada nuansa politik seperti halnya kampanye LGBTQ.

Mengamati beragam dilema itu, Gita Suwondo tetap merasa hal tersebut tak menghambat Qatar untuk dapat menjadi tuan rumah yang bagus. Meski tak dapat datang langsung ke Qatar, Gita Suwondo mengaku mendapatkan banyak laporan dari rekan-rekannya yang nonton Piala Dunia 2022 secara langsung bahwa di sana tuan rumah benar-benar memanjankan para suporter.

Gita Suwondo menyebut Qatar menyiapkan beragam penginapan dari yang paling mahal sampai yang termurah. Semua itu diukur Gita Suwondo sebagai format kongkrit Qatar siap mendapatkan suporter dari beragam latar belakang.

Lalu dari sisi negara-negara yang tampil di Piala Dunia 2022, Gita Suwondo tak melihat ada tim yang komplain terkait kenyamanan selama di Qatar. Mungkin ada sebagian negara yang kekeh berkeinginan menerapkan ban kapten One Love, justru kecewa sebab dilarang, tapi selebihnya hal itu bukanlah dilema besar.

“Aku gak dapat bilang cacat secara keseluruhan apabila melihat dari informasi-informasi dan tayangan televisi dan dari laporan sahabat-sahabat sebab saya juga ada di pandit DPI dan Jebret Media kan ada laporan langsung dari sana yang menonjolkan bahwa mereka menonjolkan niat yang betul-betul untuk menjamu tetamu-tetamu mereka,” ujar Gita Suwondo dalam program Spesical Dialogue Okezone, Senin (5/12/2022).

“Meski mereka ada larangan-larangan yang menurut peraturan mereka itu harusnya dapat dimengerti ya. Mereka bukan cuma menyediakan hotel-hotel bintang lima, bintang empat, mereka juga menyediakan tenda di gurun pasir. Itu yaitu gambaran apabila mereka siap untuk mencoba membuat tetamu-tetamu mereka nyaman selama pagelaran Piala Dunia ini,” tambahnya.

“Dari sisi kenegaraan peserta sendiri saya sih enggak melihat adanya komplain ya, selain ya itu tadi protes kenapa tak dapat menerapkan ban kapten pelangi atau lain sebagainya. Tapi itu kan lebih ke arah politik yang harus tak dikerjakan,” lanjut Gita Suwondo.

Jadi, ringkasan Gita Suwondo yaitu Qatar berhasil menjadi tuan rumah yang bagus untuk Piala Dunia 2022. Tapi, tak dengan Timnas Qatar-nya lantaran langsung gugur di fase grup.

“Sejauh yang saya pikir Qatar melaksanakan tugas mereka sebagai tuan rumah berhasil selain di lapangan hijau, mereka prestasinya yang kurang berhasil,” imbuh Gita Suwondo.