Pengertian Sejarah dan Contoh Negara Komunis

Negara Komunisme: Pengertian, Sejarah dan Contoh Negara

Teraspos.com – Paham komunis atau lazim disebut juga ideologi komunis yaitu ideologi yang mempunyai keyakinan bahwa manusia hanya makhluk sosial saja.

Komunisme menganggap bahwa tak ada hak individu membikin suatu demokrasi individualis yang ada hanyalah hak komunal.

Tertib dalam ideologi komunis berdasarkan pada kebaikan hanya demi keuntungan kelas masyarakat secara menyeluruh.

Untuk kepentingan kelasnya segala hal bisa dihalalkan untuk dilakukan.

Sejarah Komunisme

Menurut buku sejarah komunisme dan Marxisme – Leninisme dari awal penurunan terbitan Cambridge Stanford books Pada tahun 1985.

Hampir sepertiga populasi manusia hidup dalam metode Marxis – Leninis.

Tetapi demikian di kalangan para negara penganut Komunis masih memperdebatkan paham marxis sebab paham tersebut terus mengalami revisi dan perubahan.

Oleh sebab itu komunisme tak bisa lepas dari marxisme. Hampir sebagian besar perubahan baru ideologi komunisme berhubungan dengan marxisme. Paham diwujudkan oleh Karl Marx.

Banyak sekali pengikut di era marxis ini. Partai partai Komunis yang menolak revolusi senjata turut serta bergabung pada cita – cita marxis seputar kepemilikan kolektif dan masyarakat tanpa kelas.

Paham komunisme sudah berhasil di sebagian negara terbelakang dengan kemiskinan domestik contohnya seperti negara rusia dan Republik cina.

Penyebaran paham komunis senantiasa berhubungan dengan revolusi Rusia yang menjadikan negara uni Soviet yang mendeklarasikan sebagai negara sosialis pertama di dunia.

Padahal revolusi tersebut ideologi komunisme mulai mempunyai imbas yang luar lazim. Model uni Soviet bubar pada tahun 1991 namun sebagian negara marxis – lennis masih berpegang teguh pada komunisme. Negara – negara tersebut yaitu Tiongkok, Kuba, Vietnam, dan Laos

Contoh Negara yang Menganut Paham Komunisme

Negara yang menganut paham komunis saat ini terbilang benar-benar sedikit.

Berikut negara menganut paham komunisme dalam melaksanakan pemerintahannya:

  1. Republik Rakyat Cina
  2. Laos
  3. Kuba
  4. Vietnam
  5. Korea Utara
  6. Eritrea