Josep Guardiola

Curhatan Lionel Messi: Pep Guardiola Merusak Sepak Bola

Teraspos.comLionel Messi memiliki masa-masa indah bersama salah satu manajer cerdik di sepak bola modern, Josep Guardiola ketika masih bersama Barcelona. Selama Messi diasuh olehnya, ia menyadari bahwa Pep menghancurkan sepak bola.

Umur Messi ketika itu masih 21 tahun ketika Pep menjalani karier sebagai manajer regu senior untuk kali pertama. Pep dipromosikan jadi manajer regu senior Barcelona pada musim 2008/2009 menggantikan Frank Rijkaard.

Di tahun pertama, Pep membawa Barcelona jadi angker. Perpaduan antara kecerdasan taktikal Pep dipadukan dengan bakat super milik Messi, Barcelona mendominasi.

Kesudahannya, Barcelona meraih treble winners pertama sepanjang sejarah klub. Semenjak itu, Messi percaya bahwa Pep benar-benar merusak sepak bola.

Ciptakan Banyak Kegagalan

Josep Guardiola (c) AFP

Messi menuturkan bahwa Pep terlalu cerdik dikala menangani sebuah regu. Apa yang dilaksanakan Pep itu memang kelihatan gampang dan dapat ditiru banyak pelatih lain.

Tapi sebab pikiran itu lah, banyak manajer kemudian gagal. Kebanyakan dari mereka gagal sebab tidak dapat mencontoh apa yang sudah dilaksanakan Pep untuk Barcelona.

“Guardiola menciptakan banyak kerusakan ke sepak bola karena dia membuat banyak orang percaya filosofi sepak bolanya mudah ditiru,” ujarnya kepada Movistar.

“Saya dan kita semua melihat ada banyak ‘Guardiola’ yang gagal. Kalian tahu bahwa hanya kami yang bisa melakukannya,” lanjut dia.

Perspektif Spesial

Manajer Manchester City Josep Guardiola. (c) AP Photo

Berdasarkan pemain yang mencatatkan 219 penampilan selama tiga tahun diasuh Pep, Messi mengukur pelatihnya punya perspektif yang spesial.

Pep seolah memperhatikan satu kejadian secara unik dan berbeda dari orang lainnya. Perspektif ini membantunya untuk menemukan solusi yang tepat.

“Segala yang sudah disiapkan, selalu saja terwujud. Dia spesial dari caranya melihat sesuatu, mempersiapkan pertandingan, dan berkomunikasi,” kata Messi.

Pelatih Terbaik

Manajer Manchester City, Pep Guardiola mencium trofi Premier League 2021-22 (c) AP Photo

Sejak debutnya kala itu, Pep terus menjaga status kejeniusannya saat membatasi Manchester City di musim 2022/2023. Selama jangka waktu hal yang demikian, Pep telah mengumpulkan 33 trofi regu bersama tiga regu berbeda.

“Pep adalah pelatih terbaik yang saya miliki,” tandas Messi.

Sumber: Movistar