Ilaix Moriba Berpotensi Dipermanenkan Valencia

Ilaix Moriba Kemungkinan Dipermanenkan Valencia, Barcelona Kedapatan Profit

Bekas gelandang Barcelona itu lagi dipinjam oleh Los Che– julukan Valencia– dari klub Jerman, RB Leipzig.

Menurut kabar yang diluncurkan oleh Mundo Deportivo, Valencia tengah mengeksplor kemungkinan untuk mempermanenkan Ilaix Moriba. Sang gelandang berumur 19 tahun sendiri diwartakan tidak mau balik ke RB Leipzig.

Lebih lanjut menurut informasi hal yang tersebut, Barcelona memantau kondisi ini dengan seksama. Sebab, mereka berpotensi mendapatkan profit dari transaksi ini.

Ilaix Moriba yaitu pemain lulusan akademi La Masia milik Barcelona. Dia sempat memperkuat tim senior La Blaugrana – julukan Barcelona – pada musim 2020-2021 silam.

Ronald Koeman yang kala itu menjabat sebagai pelatih memberikannya peluang bermain. Ilaix Moriba bahkan membayarnya dengan kinerja gemilang dalam 18 laga, dengan mencetak sebuah gol dan tiga assist.

Tetapi, kondisi memanas pada bursa transfer musim panas 2021, sebab Ilaix Moriba enggan bernegosiasi seputar perpanjangan kontrak dengan Barcelona. Kesudahannya, ia bahkan dipasarkan ke RB Leipzig pada ketika itu.

Poin transfernya pada ketika itu adalah 16 juta euro atau setara dengan Rp254 miliar. Namun, Barcelona mempunyai hak sebesar 10 persen atas skor penjualannya di masa depan. Dengan demikian, La Blaugrana malah sepatutnya mendapatkan untung bila Valencia jadi mempermanenkan Ilaix Moriba.

Namun demikian, Barcelona kemungkinan tidak akan menerima untung banyak karena harga pasaran Ilaix Moriba pada ketika ini hanyalah 7 juta euro (Rp111,15 miliar). Sekiranya dipasarkan dengan harga segitu, karenanya hak Blaugrana hanyalah 700 ribu euro (Rp11,11 miliar).

Sang pemain asal Spanyol memang tidak mempunyai karier yang cemerlang sejak meninggalkan Camp Nou. Ia hanya cakap tampil enam kali untuk RB Leipzig, sampai hasilnya dipinjamkan ke Valencia pada paruh kedua musim 2021-2022.

Masa pinjamannya di Mestalla berlanjut sampai musim 2022-2023 ini. Secara sempurna, Ilaix Moriba telah bermain dalam 24 lomba dengan mencatatkan sebuah assist tetapi belum mencetak gol.